Pesan kesalahan

  • Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls dalam module_enable() (baris 403 dari /home/stikesprtmedika/public_html/includes/module.inc).
  • Notice: Trying to access array offset on value of type int dalam element_children() (baris 6542 dari /home/stikesprtmedika/public_html/includes/common.inc).
  • Notice: Trying to access array offset on value of type int dalam element_children() (baris 6542 dari /home/stikesprtmedika/public_html/includes/common.inc).
  • Deprecated function: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters dalam drupal_get_feeds() (baris 394 dari /home/stikesprtmedika/public_html/includes/common.inc).

TIGA GOLONGAN YANG TIDAK PERLU DITANGGAPI

Avatar humas tasbih

Imam Ghazali RA dalam kitab Ayyuhal Walad menyebutkan ada empat golongan manusia ketika mengajukan pertanyaan dan bantahan.

Tiga golongan tidak perlu ditanggapi dan di jawab pertanyaan serta bantahaannya, sedangkan satu golongan harus untuk ditanggapi dan dijawab pertanyaannya.

Tiga golongan yang tidak perlu ditanggapi adalah:
1. Orang yang bertanya atau membantah dikarenakan perasaan hasud dan emosi.
Orang yang demikian tidak perlu ditanggapi, sebab sefasih apa pun atau sejelas apapun jawaban kita, itu hanya akan menambah rasa hasud dan emosinya. Maka cara terbaik menghadapinya adalah dengan tidak menanggapi. Dikatakan dalam Syair
كُلُّ الْعَدَاوَةِ قَدْ يُرْجَى إِزَالَتُهَا ***إِلَّا عَدَاوَةَ مَنْ عَادَاكَ عَنْ حَسَدٍ
Setiap permusuhan selalu ada harapan untuk dihilangkan, kecuali permusuhan orang yang memusuhimu karena iri hati (hasud)
Jangan pedulikan dia, dan biarkan ia bersama penyakit hatinya itu. Allah SWT berfirman:
فَأَعْرِضْ عَن مَّن تَوَلَّىٰ عَن ذِكْرِنَا وَلَمْ يُرِدْ إِلَّا ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا
Maka berpalinglah hai Muhammad dari orang yang berpaling dari peringatan Kami dan tidak mengingini kecuali kehidupan duniawi. (QS an Najm-29)

Setiap perbuatan dan perkataan orang yang memiliki sifat hasud sebenarnya akan semakin membakar dan menghabiskan pahala amalannya tanpa ia sadari. Rasulullah SAW bersabda:
والحسد ياكل الحسنات كما تاكل النار الحطب
Hasud itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (HR Abu Dawud)

2. Orang yang bertanya atau membantah karena bodoh dan merasa paling benar

Kebodohan yang seperti ini tidak dapat diobati. Nabi Isa AS mengatakan:
إني ما عجزت عن إحياء الموتى وقد عجزت عن معالجة الأحمق
Tidak sulit bagiku untuk menghidupkan orang mati, tapi aku tidak mampu mengatasi orang bodoh.

Orang bodoh yang dimaksud adalah orang bodoh yang baru belajar sedikit ilmu, kemudian ia mulai merasa paling pintar dan membantah setiap perkataan ulama besar yang menghabiskan seluruh hidup untuk ilmu. Ini semua karena kebodohannya, ia mengira bahwa permasalahan yang ia tidak tahu jawabannya adalah juga tidak diketahui jawabannya oleh orang alim lainnya. Maka janganlah menyibukan diri menjawab bantahan dan pertanyaan orang ini, sebab jawaban terbaik bagi orang bodoh seperti ini adalah diam.

3. Orang yang bertanya dengan niat baik akan tetapi pemahamannya kurang, sehingga dipastikan tidak dapat memahami jawabannya

Orang ini bertanya dengan niat mencari petunjuk. Tapi ia memiliki kekurangan dalam pemahamannya, seandainya dijawab pertanyaannya ia akan memahami dengan pemahaman yang keliru dari yang dimaksudkan. Orang yang demikian juga seharusnya tidak dijawab pertanyaannya. Rasulullah SAW bersabda:
أمرنا أن نكلم الناس على قدر عقولهم
Kami diperintahkan untuk berbicara dengan manusia sesuai dengan kadar akal mereka. (HR Dailami)

Adapun orang yang kebodohannya dapat diobati, yaitu orang yang bertanya dengan niat mencari petunjuk dan memiliki pemahaman yang baik. Ia tidak dikuasai perasaan hasud dan emosi, tidak ingin terkenal dan tidak pula mencari kedudukan dan harta. Ia bertanya atau membantah bukan karena ingin mempersulit atau menguji. Orang yang demikian ini adalah pencari ilmu yang benar. Jika ia bertanya maka boleh bagi kita untuk menyibukan diri dengan menjawab dan menjelaskannya, bahkan wajib bagi orang yang berilmu untuk menjawabnya.

Allahuma sholi 'ala sayidina Muhammad nabiyil umiyi wa 'alihi wa shohbihi wa salim.

Categories: 
mdti - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.